Bahagianya saat mengetahui kita hamil untuk yang pertama kalinya. Rasa senang , khawatir dan excited bercampur jadi satu. Perubahan fisik sudah pasti terjadi selama masa kehamilan mulai dari membesarnya payudara, kram di area perut, timbulnya jerawat dan kulit jadi lebih sensitif. Tak hanya itu , perubahan psikis pun pasti dialami juga oleh Mommy, seperti : mood swing yang tiba tiba, mudah marah dan khawatir berlebihan.

Mommy pasti ingin melewati masa – masa kehamilan dengan perasaan yang nyaman, tenang dan penuh support dari keluarga terdekat. Berikut 5 tips yang bisa mommy lakukan :

1. Do Hobbies

Hamil bukan menjadi penghalang untuk tetap melakukan hobby yang kita sukai. Justru dengan menjalankannya mommy akan jauh dari stress. Saat hamil mommy bisa melakukan hobby – hobby simple seperti melukis, berkebun, memasak atau merangkai bunga.

2. Travelling

Jalan jalan ke tempat wisata bisa jadi salah satu hal yang dilakukan saat hamil. Berpergian bersama pasangan ke tempat yang belum pernah dikunjungi bisa menjadi hal yang menyenangkan dan seru lho. Jika Mommy dan pasangan senang ke tempat yang dingin juga sejuk, mommy bisa camping di daerah Bandung atau Puncak. Dengan pemandangan yang asri pikiran juga pasti jadi lebih ringan.

3. Olahraga

Agar tetap sehat dan bugar selama hamil aktifitas olahraga jangan dilupakan ya moms, ada banyak sekali manfaatnya seperti : mempermudah proses persalinan, mengurangi rasa nyeri di otot, membantu agar kualitas tidur lebih nyenyak dan menurunkan resiko komplikasi. Beberapa jenis olahraga yang cocok bagi ibu hamil diantaranya : Yoga, renang dan pilates.

4. Menyiapkan kamar bayi

Salah satu moment yang paling ditunggu – tunggu para calon orang tua baru adalah menyiapkan kamar si kecil. Mommy dan daddy bisa berkreasi dalam menentukan tema kamar, warna, pemilihan furniture dan aksesories ruangan. Bagi yang sudah mengetahui jenis kelamin bayi biasanya akan tertuju pada 1 tema warna yaitu pink bagi perempuan atau biru bagi anak cowo, Namun agar tampak unik dan everlasting Mommy bisa juga memilih earth tone colors atau pastel seperti Krem, hijau muda, coklat dan abu abu. Oh ya dengan menyiapkan kamar bayi ini Mommy & daddy juga bakal punya quaility time berdua lho sebelum bayi lahir ke dunia.

5. Pijat Hamil

Letih fisik saat hamil sudah pasti akan ditemui namun jangan khawatir ya, mommy bisa melakukan pijat agar tetap relax. Pijat saat hamil malah sangat aman dan direkomendasikan untuk mengatasi berbagai keluhan kehamilan. Pregnancy massage tentulah berbeda dengan pijat pada umumnya.

Point utama yang membedakan adalah dari segi metode pemijatan yang diterapkan, yakni Pijat Terapeutik. Pijat Terapeutik merupakan pijatan ekstra lembut yang khusus disesuaikan dengan kebutuhan Ibu hamil.

Pastinya Mommy sudah tahu ya kalau pijat terapeutik sudah digunakan turun temurun karena manfaatnya bagi kesehatan. Pijat sudah terbukti bisa mengurangi ketegangan otot, membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi stress.

Dan berdasarkan penelitian, terapi pijat prenatal bagi ibu hamil bisa menjadi salah satu perawatan rutin kehamilan. Mommy bisa melakukan pijat hamil mulai usia kandungan 0 bulan sampai menjelang kelahiran.

Manfaat Pijat Hamil bagi Kesehatan :

1. Pengaturan hormon

Selama kehamilan, hormon akan banyak mempengaruhi mood dan kesehatan. Dalam studi yang dilakukan selama 10 tahun terakhir ditemukan bukti bahwa dengan pijat dapat membantu peningkatan produksi kadar hormon yang terkait relaksasi dan mengurangi stress. Saat pijat dijadikan perawatan bagi ibu hamil secara rutin akan terjadi perubahan hormon secara signifikan yang membuat suasana hati Mama lebih baik dan meningkatnya kesehatan kardiovaskular.

2. Menurunkan Depresi

Studi menunjukkan bahwa terapi pijat yang dilakukan selama kehamilan dapat mengurangi kecemasan, mengurangi gejala depresi, meredakan nyeri otot , nyeri sendi, dan mempermudah proses persalinan.

3. Mengurangi nyeri syaraf

Saat hamil banyak mommy yang mengalami nyeri saraf skiatik, yaitu nyeri di sepanjang jalur saraf panggul (terutama terasa di bagian bokong dan kaki ). Hal ini dikarenakan rahim bertumpu pada otot dasar panggul dan punggung bagian bawah. Tekanan ini menyebar ke otot kaki sehingga menyebabkan pembengkakan dan menekan saraf di sekitarnya.

Pengaplikasian pijat prenatal dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot sekitar saraf yang meradang

4. Tidur lebih nyenyak

Dengan melakukan pijat prenatal dapat membantu melepaskan serotonin dari dalam tubuh yang mana akan membuat tidur mommy lebih nyenyak.

Selain manfaat diatas, pijat hamil juga memberikan manfaat lain seperti : meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi bengkak pada kaki ibu hamil, dan Membantu mengatasi ketegangan otot dan juga sakit kepala.

Mom n Jo, Pelopor Pijat Ibu Hamil di Indonesia

Di Indonesia, pijat prenatal ini dipelopori oleh Mom n Jo sejak 14 tahun yang lalu. Dan pastinya selain pengalaman belasan tahun, Mom n Jo juga sudah memiliki sertifikasi international resmi dari APA (American Pregnancy Association).

Sebagai organisasi kesehatan non profit, APA berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil. Berkedudukan di Texas, Amerika, APA mendukung penuh para wanita untuk mendapatkan informasi tentang reproduksi dan kehamilan melalui pendidikan dan advokasi.

Di Mom n Jo terapi dilakukan oleh terapis pijat yang ahli dan memiliki sertifikasi. Sesi pijat akan memberikan ‘me time‘ yang Mommy butuhkan untuk merasa segar dan rileks. Selain membantu mengurangi keluhan melahirkan, pijat dapat memanjakan tubuh Mama saat hamil. Pijat ibu hamil ini bisa didapatkan di seluruh cabang Mom n Jo.

Selain pijat ibu hamil, Mom n Jo juga memiliki berbagai layanan treatment pijat untuk anak-anak dan bayi.