Penggunaan Gadget

Dewasa ini penggunaan gadget sudah menjadi bagian dari gaya hidup semua orang, tak terkecuali anak anak dengan rentang usia yang sangat muda. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat positif yang bisa kita dapat dari penggunaan gadget diantaranya : Pencarian informasi yang instan, mempermudah komunikasi dengan kerabat dekat dan transaksi keuangan yang bisa dilakukan tanpa perlu pergi ke bank. Namun, tahukah parents penggunaan gadget berlebih pun ada hal negatifnya apalagi jika berkaitan dengan anak- anak.

Menurut penelitian dampak negatif Gadget berpengaruh pada tumbuh kembang anak diantaranya :

1. Penurunan Perkembangan Otak

Selama masa balita, otak terus berkembang 3 kali lipat hingga usia remaja. Pemakaian gadget yang terlalu sering akan berdampak pada penurunan fungsi otak, keterlambatan kognitif, gangguan belajar, peningkatan impulsif, dan penurunan kemampuan regulasi diri.

2. Obesitas

Karena seringnya terpapar screen time, anak jadi tidak punya waktu untuk melakukan aktifitas fisik seperti bermain bola diluar ruangan atau bermain di playground area rumah. Hal ini bisa mengakibatkan penyakit berbahaya seperti diabetes dan obesitas.

3. Radiasi

Menurut laporan World Health Organization pada tahun 2011, telepon genggam dan perangkat nirkabel lainnya dikategorikan 2B (pemicu kanker pada manusia) karena dampak radiasinya. Dr. Anthony Miller dari Universitas Toronto mengatakan bahwa, paparan frekuensi radio jelas merupakan ancaman bagi anak-anak yang bisa menyebabkan penyakit kanker di kemudian hari.

4. Berkurangnya Jam Tidur

Jika bermain gadget sudah menjadi hobi anak yang tidak bisa dipisahkan, sudah tentu jam tidurnya akan berkurang karena terlalu sering menghabiskan waktu bercengkrama dengan gadget. Waktu tidur yang tidak cukup akan berpengaruh pada kesehatan mental anak.

5. Kecanduan

Menurut Elizabeth T. Santosa, Psikolog Pendidikan dan Anak, ada tiga tanda anak adiksi gadget yaitu tantrum saat diminta berhenti bermain gadget, tidak merespon panggilan saat sedang bermain dan jika sudah sekolah, nilai akademisnya menurun.

6. Mata Lelah

Gangguan ini merupakan masalah umum yang terjadi akibat penggunaan gadget yang berlebihan. Rasa pedih, mata kering, sakit kepala, dan iritasi merupakan gejala umum yang paling sering timbul. Mata lelah memang bukan merupakan kondisi serius dan bisa diatasi dengan mengistirahatkan mata dari smartphone setiap 20 menit sekali.





Sebagai orang tua sudah tugas kita untuk memberikan contoh yang baik pada anak. Berbagai dampak buruk pemakaian gadget diatas bisa kita dihindari dengan mulai memberlakukan aturan yang tepat, seperti :

1. Hanya boleh main gadget saat weekend selama maximal 1 jam saja  / hari

2. Tetap dipantau dan ditemani saat bermain gadget

3. Memilihkan konten – konten edukatif yang bisa mengasah kemampuan motorik dan kreatifitas anak

4. Membuat karya seperti yang dilihat di Internet agar orang tua punya quality time bersama anak.

Tahukan parents ? Bahwa keluhan diatas dapat dibantu oleh Gadget Holic Treatment. Treatment ini dapat menghilangkan ketegangan dan keluhan di sekitar leher, punggung, bahu, mata, dan kepala yang diakibatkan oleh salah posisi saat menggunakan gadget.        

Gadget Holic Treatment dapat dilakukan untuk anak usia batita hingga orang dewasa, meliputi stretching dan ketukan neurologis. Jika dilakukan secara berkala, perawatan ini dapat meningkatkan daya penglihatan dan memperbaiki postur tubuh.   

Anda akan diterapi oleh para terapis handal dan berpengalaman dengan standar international. Mom n Jo telah menerima beragam sertifikat maupun penghargaan yaitu American Pregnancy Massage Association, MISP, American Pregnancy Association, Mother & Baby Award, AyahBunda Community Awards, Marketing Awards, dan Top Brand for Kids.

Rasakan manfaatnya sekarang juga di seluruh cabang Mom n Jo !