Memasuki trimester 2, biasanya Moms mulai bertanya-tanya posisi janinnya disebelah mana ya? Menghadap kemana ya? Sungsang atau normal ya? Dan banyak kekuatiran yang muncul dan itu adalah hal yang wajar.

Posisi janin yang optimal adalah kepala di bawah. Bila kepala di samping (kiri atau kanan) maka disebut posisi melintang, dan bila kepala berada di atas maka disebut posisi sungsang.

Simak penjelasan Bidan Mila dalam video berikut mengenai macam-macam posisi janin di dalam kandungan dan gerakan senam seperti apa yang dianjurkan untuk dilakukan agar posisi janin di dalam kandungan optimal.

Di dalam kandungan posisi janin masih bisa berubah-ubah, ia dapat bergerak berputar di dalam kandungan, apalagi jika masih di usia kehamilan sebelum 28 minggu. Setelah usia kehamilan 32 minggu biasanya janin sudah mulai turun dan memasuki rongga panggul sehingga biasanya posisinya di dalam kandungan sudah lebih fixed.

Jika Moms kuatir akan posisi janin di dalam kandungan, boleh melakukan gerakan-gerakan senam ringan seperti diajarkan di video di atas. Tidak dianjurkan untuk memutar janin dengan memijat perut ibu hamil dari luar.

Penulis: MomsIndonesia